Wednesday, October 21, 2020

Mengapa pemerintah daerah perlu menyusun RKBMD? Apa manfaat dan kegunaan RKBMD disusun?

 

1.      Mengapa pemerintah daerah perlu menyusun RKBMD?

 

RKBMD sangat perlu disusun, karena hal tersebut merumuskan rincian kebutuhan barang milik daerah yang menghubungkan pengadaan barang yang telah lalu dengan keadaan yang sedang berjalan sebagai dasar dalam melakukan tindakan yang akan datang. Sehingga agar terciptanya tertib administrasi pengadaan barang milik daerah secara optimal dan berkesinambungan yang berdaya guna dalam penyelenggaraan pemerintah dalam periode 1 tahun.

 

2.      Apa manfaat dan kegunaan RKBMD disusun?

 

Manfaat RKBMD yaitu dengan memfasilitasi kebutuhan sarana dan prasarana pemerintah daerah dalam rangka penyelenggaraan tugas pokok pemerintah daerah serta penyelenggaraan pelayanan publik kepada masyarakat dapat berjalan dengan efektif serta efisien, dan juga dengan dengan telah menyusun RKBMD maka dapat mengetahui kebutuhan anggaran dalam perencaan barang yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

Mengingat kemampuan keuangan daerah yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan barang milik daerah yang relatif membutuhkan anggaran yang cukup besar maka dengan menyusun RKBMD diharapkan memiliki tingkat efektivitas yang tinggi dan bisa mewujudkan efisiensi serta menciptakan inovasi-inovasi dalam pemenuhan kebutuhan barang.

No comments:

Post a Comment