Saturday, November 9, 2013

Pengertian 5R (Reduce,Reuse,Recycle,Replace,Replant) beserta contoh penerapannya


5R adalah sebuah singkatan yang berasal dari Bahasa Inggris, yaitu : (1) Reduce (mengurangi), (2) Reuse (menggunakan kembali), (3) Recycle (mendaur ulang), (4) Replace (mengganti), (5) Replant (menanam kembali). Langsung saja dibawah ini, penjelasan singkat dari pengertian konsep 5R beserta contoh penerapannya :
  1. Reduce atau pengurangan adalah kegiatan mengurangi pemakaian suatu barang atau pola perilaku manusia yang dapat mengurangi produksi sampah, serta tidak melakukan pola konsumsi yang berlebihan. Contohnya adalah mengurangi penggunaan barang-barang yang tidak bisa didaur ulang, dll. 
  2. Reuse atau penggunaan kembali adalah kegiatan menggunakan kembali material atau bahan yang masih layak pakai. Contohnya adalah menggunakan kembali botol bekas yang masih layak untuk tempat minum, dll. 
  3. Recycle atau mendaur ulang adalah kegiatan mengolah kembali (mendaur ulang). Pada prinsipnya, kegiatan ini memanfaatkan barang bekas dengan cara mengolah materinya untuk dapat digunakan lebih lanjut. Contohnya adalah memanfaatkan dan mengolah sampah organik untuk dijadikan pupuk kompos, memanfaatkan barang bekas untuk dibuat kerajinan, dll.
  4. Replace atau penggantian adalah kegiatan untuk mengganti pemakaian suatu barang atau memakai barang alternatif yang sifatnya lebih ramah lingkungan dan dapat digunakan kembali. Upaya ini dinilai dapat mengubah kebiasaan seseorang yang mempercepat produksi sampah. Contohnya adalah mengubah penggunaan kertas tisu dengan menggunakan sapu tangan, dll. 
  5. Replant atau penanaman kembali adalah kegiatan penanaman kembali, sering juga disebut reboisasi. Contohnya adalah melakukan kegiatan reboisasi hutan mangrove untuk mengurangi global warming.
 Semoga Bermanfaat ^-^

21 comments:

  1. Kunjungi blog saya juga ya... novelisexperience.blogspot.com :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah mengunjungi blog Anda, Menurut saya blog anda bagus. Ada musiknya lagi. COOL.
      Salam Kenal...

      Delete
  2. jadi sekarang gak jaman 3R ya tapi sekarang jamannya 5R. lebih keren.

    ReplyDelete
  3. knp gk 7R sekalian,, reduce..reuse..recycle.. replant..reuse..repair and recovery

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emangnya arti repair dan recovery apa emangnya bisa

      Delete
  4. Trimakasih bos, informasinya... Salam hangat :)

    ReplyDelete
  5. sekedar saran,,,untuk contoh nomor 2 (reuse) mungkin sebaiknya diganti,,,atau dicari yg lebih baik,,,karena "menggunakan kembali botol bekas yang masih layak untuk tempat minum",,,mengarahkan kita menggunakan kembali botol bekas sebagai wadah minuman yang kita minum,,,sedangkan penggunaan botol sekali pakai,,,tidak disarankan untuk digunakan lagi,,,dan apalagi botol bekas,,,walaupun masih bisa digunakan,,jelas akan lebih beresiko menimbulkan penyakit jika untuk wadah makanan atau minuman yang dikonsumsi manusia,,,

    mungkin contoh yang lebih tepat,,bisa memanfaatkan botol bekas air minum sebagai tempat pensil,,,wadah atau pot bunga,,,dan dibuat prakarya lainnya,,

    terima kasih,,,

    ReplyDelete
  6. kunjungi blog saya juga sob, pangeranbiru.indonesiaz.com

    ReplyDelete
  7. kunjungi blog saya juga sob, pangeranbiru.indonesiaz.com

    ReplyDelete
  8. kunjungi blog saya juga sob, pangeranbiru.indonesiaz.com

    ReplyDelete
  9. wih mantap penjelasannya to the point tdk bertele tele 👍👍

    ReplyDelete
  10. wih mantap penjelasannya to the point tdk bertele tele 👍👍

    ReplyDelete
  11. Mantap kirain cuma sampe 3 R
    Ah ternyata aku gak jaman ternyata nyampe 5 R
    Ngomong ngomong mksh banyak banget ya berbanfaat sekali ini soalnya
    🙂🙂🙂😀😀😁😁😘😘🤩🤩😘🤩😍😍😍🤩🤗🤗🤗

    ReplyDelete
  12. Aku kls 4 SD soalnya makanya menurut saya bermanfaat banget

    ReplyDelete